Senin, 22 April 2013

Perkembangan Ekonomi kota Makassar

Pertumbuhan Ekonomi Kota Makassar Tertinggi di Indonesia 

MAKASSAR, FAJAR -- Laju pertumbuhan ekonomi Kota Makassar berada di peringkat paling tinggi di Indonesia. Dalam lima tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan ekonomi Kota Makassar di atas 9 persen.

Bahkan, pada 2008 lalu, pertumbuhan ekonomi Kota Makassar mencapai angka 10,83 persen. Pesatnya pertumbuhan ekonomi saat itu, bersamaan dengan gencarnya pembangunan infrastruktur yang mendorong perputaran ekonomi,  seperti pembangunan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, jalan tol dan sarana bermain kelas dunia Trans Studio di Kawasan Kota Mandiri Tanjung Bunga.

“Walaupun  selama ini kita dibombardir isu negatif  demostrasi, ternyata persepsi Kota Makassar oleh investor yang ada di luar berbanding terbalik. Terbukti, minat mereka tetap besar. Jadi kuncinya adalah konsistensi pemerintah dalam memberikan pelayanan tanpa memungut biaya siluman,“ ujar Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, terkait loncatan ekonomi kota yang dipimpinnya.

Menurut Ilham, sejak memulai perubahan Kota Makassar pada tahun 2004, yang paling pertama dilakukannya adalah mengubah posisi Kota Makassar menjadi ruang keluarga Kawasan Timur Indonesia (KTI) dari yang sebelumnya di kenal sebagai pintu gerbang Indonesia Timur.

“Dengan menjadi ruang keluarga, maka seluruh aktivitas sosial maupun ekonomi akan bertumpu di Kota Makassar.     Bandingkan jika hanya sebagai pintu gerbang, para pelaku ekonomi hanya menjadikan Makassar sebagai tempat transit atau daerah perlintasan saja, artinya kita tidak mendapatkan apa – apa. Ibarat ruang keluarga di sebuah rumah, maka Kota Makassar menjadi titik simpul Kawasan Timur Indonesia sehingga menjadi pusat pelayanan dan pengembangan distribusi jasa dan perdagangan,“ beber Ilham bersemangat. (*/ars

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar