Senin, 22 April 2013

Tempat Wisata di Makassar


Makassar: Tempat Wisata Mempesona, Bagus, Dan Unik Di Indonesia

Makassar merupakan salah satu kota metropolitan di daerah timur Indonesia tepatnya di provinsi Sulawesi Selatan memiliki banyak tempat-tempat wisata yang cukup banyak menguras isi kantong Anda dan akan menarik sedikit perhatian anda untuk berkunjung disana setelah membaca artikel ini. Selain memiliki banyak tempat wisata juga memiliki banyak sebutan nama seperti kota Daeng, kota Angin Mamiri, dan kota Ujung Pandang. Menurut saya, kota Makassar yang merupakan kota kelahiran artis Almarhum Sophan Sophiaan memiliki tempat wisata cukup lengkap dan banyak serta menarik untuk dikunjungi. Namun, banyak orang maupun tourist yang tidak tahu akan obyek-obyek wisata di Makassar. Kenapa saya bisa mengatakan hal seperti itu? jawabannya karena saya pernah tinggal di kota Makassarini selama hampir kurang lebih satu tahun. Lho kok bisa tinggal di sana? ya bisa, kan aku dulu pernah kuliah di Makassar tepatnya di jalan Urip Sumoharjo. Bagaimana tidak mungkin aku tidak mengenal kota ini lebih dekat dan CUKUP betah  karena pesona indahnya yang menghiasi setiap sudut tempat-tempat wisata di kota ini.
Saya sebagai orang Jawa, tepatnya Surabaya lumayan kaget karena ada kota yang hampir mirip dengan kota Surabaya ini. Setelah keliling di berbagai tempat wisata di kota Makassar ternyata tidak jauh berbeda dengan keadaan Surabaya. Kota ini juga lumayan ramai dan panasnya bukan main, tidak jauh berbeda signifikan dengan kota tanah kelahiran saya. Kota Makassar ini juga lumayan ramai dan banyak orang yang merantau di kota besar Makassar ini. Tidak cukup banyak, mungkin hampir 5-15% pendudukMakassar adalah orang Jawa sendiri. Saya bisa mengatakan hal seperti itu karena setiap kali saya mampir ke warung makan saya pasti menemukan logat-logat jawanya dan setelah saya tanya, eh beneran orang Jawa. Seandainya saya tidak bertanya pun juga sudah terlihat kalau banyak pedagang Bakso, Ayam Goreng, Pangsit Mie, dan sebagainya yang berasal dari Jawa dan menetap dan bahkan ada yang menikah dengan orang Makassar. Blasteran Jawa dengan Makassar gitu istilahnya. Tidak perlu heran kalau ke Makassar banyak menemukan orang Jawa dan tidak perlu takut soal perut karena beralasan tidak cocok makanan Makassar soalnya sudah tersedia banyak makanan Jawa di kota metropolitan ini.
Hampir setiap pagi dan sore kunikmati kemacetan yang luar biasa layaknya kota Jakarta dan Surabaya pada umumnya. Makassar mengalami pertumbuhan penduduk yang cukup besar setiap tahunnya. Kok aku jadi curhat kehidupanku di Makassar ya!!!!! Maaf ya, itu tadi pembukaan dan sekaligus memperkenalkan seperti apa sih kota Makassar keadaannya supaya banyak orang, tourism, dan wisatawan agar tidak kaget di sana nantinya pas berkunjung ke Makassar. Langsung aja ke topik utama deh, kota Makassar ini banyak tempat-tempat wisata yang melirik sedikit perhatian anda. Berikut adalahtempat-tempat wisata yang saya tawarkan di Makassar:
1. Pantai Losari
Pantai yang menghiasi pernak-pernik kota Makassar ini sangat terkenal lho. Pantai Losari ini merupakan ikon kota Makassar. Mungkin sudah banyak orang yang tahu kali ya tentang pesona indahnya Pantai Losari di sore hari saat terbenamnya matahari dari ufuk barat. Tidak hanya itu saja, Pantai Losari juga terkenal dengan sebutan “Meja terpanjang di ASIA bahkan Dunia” karena begitu banyaknya restoran, warung, cafe, pedagang kaki lima di sepanjang Pantai Losari. Hampir setiap sore Pantai Losaridikunjungi oleh anak-anak kecil bersama orang tuanya untuk bermain di sekitar anjungan pantainya. Ini dia gambar sekilas dan gambaran mengenai Pantai Losari (Maaf, saya ngikut eksis dikit ya).
Pantai Losari

2. Trans Studio Makassar
Siapa sih yang nggak kenal dengan tempat hiburan anak-anak Indoor ini? menurut artikel pada wikipedia,Trans Studio Makassar merupakan Indoor Theme Park terbesar di dunia lho. Wahana-wahana hiburan permainan anak-anak juga dihadirkan lengkap, menarik, dan fantastis. Bagi anda yang mempunyai anak kecil, saudara, teman, pacar, atau sebagainya janganlah lupa mampir ke Trans Studio Makassar. Untuk masalah budget, tidak usah khawatir, cuma butuh Rp 100.000 aja kok untuk bayar tiket dan bisa masuk ke Trans Studio Makassar. Asyik lhooo wahana-wahananya!!! Ini dia sedikit skrinsutsnya Trans Studio Makassar

Trans Studio, Makassar
Trans Studio, Makassar

3. Benteng Rotterdam (Fort Rotterdam)
Benteng ini dibangun oleh Raja Gowa X. Dahulu, benteng ini bernama “Benteng Ujung Pandang”. Namun, pada tahun 1667 benteng ini direbut oleh Belanda pada saat Belanda memasuki area Sulawesi dan Maluku sehingga berganti nama “Benteng Rotterdam (Fort Rotterdam)” serta tata ruang, desain, dan bangunan sedikit diubah menjadi bangunan Belanda pada umumnya. Saat ini, Benteng Rotterdam (Fort Rotterdam) dijadikan sebagai pusat kebudayaan dan seni. Oiya, dulunya benteng ini juga pernah sempat dijadikan tempat tahanan Pangeran Diponegoro hingga Pangeran Diponegoro meninggal di kota Makassar dan dimakamkan di Makassar. Di dalam benteng ini terdapat musium La Galigo yang menyimpan kurang lebih 4.999 koleksi yang meliputi prasejarah, numismatic, keramik asing, naskah, dan sebagainya. Untuk memasuki Benteng Rotterdam, anda cukup bayar seikhlasnya aja ke petugas penjaga Benteng Rotterdam ini, tidak bayar juga gpp kok :) .
Benteng Rotterdam (Fort Rotterdam)
Benteng Rotterdam (Fort Rotterdam)
4. Pantai Akarena
Pantai Akarena ini letaknya dekat dengan Trans Studio Makassar pokoknya. Tinggal lurus aja dari Trans Studio. Saya tidak tahu nama jalannya, yang jelas itu dekat sekali dengan Trans Studio Makassar, kurang lebih 1-2 Kilometer. Pantai ini cukup menarik, hanya butuh budget Rp 10.000 per orang dewasa untuk bisa memasuki kawasan area Pantai Akarena ini.
Pantai Akarena
Pantai Akarena
Dan masih ada banyak lagi tempat wisata yang lainnya yang tidak saya sebutkan seperti WisataBantimurung (Kab. Maros), Benteng Somba Opu, Pulau Samalona, Pulau Kahayangan, Malino (Kab. Gowa), dan sebagainya. Tapi, saya tidak bisa bercerita lebih jauh di sini, karena sudah terlalu panjang artikelnya, entar anda bosan lagi lihat foto-foto yang saya papang di sini.
Sudah dulu ya, sekian dari saya. Semoga anda yang membaca artikel saya ini tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di daerah Makassar dan sekitarnya. Janganlah lupa ajak sanak saudara, teman, pacar, adik, anak-anaknya atau apalah terserah untuk mengunjungi Makassar dan jangan lupa budgetnya tolong disiapkan juga .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar